Pengalaman Pribadi Un Matematika |Ini Cara Saya Meraih Nilai 100 un mtk

Cerita ini adalah Pengalaman pribadi, saat saya duduk di kelas 3 SMK.

Tulisan ini saya buat karena saat ini saya sedang mendapatkan tugas untuk menuliskan pengalaman pribadi, dari Pesantren tempat saya belajar saat ini.  Semoga bisa mengisnpirasi !

Nah, di artikel ini, saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana proses perjalanan saya hingga bisa meraih nilai 100 pada Un Matematika, Metode pembelajaran dan Strategi pembelajaran yang saya gunakan, tips sukses dalam ujian nasional (un ), dan beberapa kata – kata motivasi sebagai penyemangat kita untuk terus melangkah dan belajar.

Sebelum kita masuk ke materi inti artikel ini, tentang bagaimana cara saya meraih nilain 100 pada Ujian nasional, atau tips sukses Ujian nasional (un),  akan lebih seru kalau kita kenalan lebih dulu sama si Matematika ini.  Tentang apa sih pengertian matematika yang sebenarnya dan gimana sejarahnya.

Analoginya kita akan lebih gampang buat pelajarin sifatnya kalau kita udah kenal nama dan asal – usulnya, sama kaya kalau kita mau PDKT sama calon pasangan, iya kan?

[bctt tweet=”Kita akan mudah mempelajari dan menerima, ketika rasa cinta telah ada. #Belajar_matematika #FokusUn”]

Ujian nasional, riset ujian nasional
Hasil riset tentang pencarian kata “Ujian nasional” di google

 

Pengertian Matematika

Matematika, apa itu matematika, Gambar matematika
What is math? Via skolavdf.cz

Kalau bicara tentang pengertian matematika, udah umum yang akan dibahas juga pengertian secara etimologi-lah, definisi para ahli-lah dan pengertian – pengertian lainnya. Tapi disini kita hanya akan membahas tentang pengertian secara langsung atau secara sederhananya aja, jadi kita bisa tau apa aja sih kegunaan dari matematika.

Secara sederhana yang saya rangkumkan dari asal kata matematika, pengertian secara etimologi (Istilah) dan definisi – definisi para ahli, kita bisa gabungkan menjadi beberapa kalimat yang sederhana.

Jadi matematika itu, ilmu yang mempelajari perhitungan, cara menggunakan pengkajian secara nalar (logis), dengan  pikiran yang jernih.  Matematika itu juga seni berfikir kreatif yang digunakan dalam pencarian solusi dari permasalahan – permasalahan nyata dikehidupan sehari – hari.

FYI : Mengenai definisi matematika secara lengkap kamu bisa searching lagi yang lebih detail, karena matematika itu, berbeda pakar maka berbeda juga definisi menurutnya, namun intinya akan meliputi hal yang telah kita jabarkan di atas.

Jadi secara logis sebenarnya mempelajari matematika itu juga berguna banget buat kehidupan kita sehari – hari, disamping sebagai syarat untuk kita bisa naik kelas atau lulus dari sekolah.

Nih, sedikit gambaran tentang fungsi matematika yang kita jabrin dari definisi atau pengertian diatas

 

 

1. Matematika Mengungkap Indentitas Manusia

Gambar DNA, DNA
How can we know Your dady. Via zenius.net

Tau teknologi untuk mengetahui analisa kemiripan genetik, atau biasa disebut DNA ?

Nah, Singkatnya dalam proses untuk mengetahui DNA seseorang itu juga sangat dipengaruhi oleh proses perhitungan atau permodelan dalam matematika. Jadi matematika itu gak Cuma tentang ilmu pasti kaya fisika atau biologi aja. Tapi bisa merambah ke biologi.

Ini buktinya, Alexander Isaev bapak penemu Teknologi DNA adalah seorang matikawan.

Introduction to Mathematical Methods in Bioinformatics, ditulis oleh Alexander Isaev, terbitan Springer

 

2. Matematika Sebagai Cara Berfikir

Matematika sebagai cara berfikir karena kalau kita mau tau jawaban dari sebuah soal atau perhitungan kita kudu membuktikan kebenaran dari jawaban itu lewat langkah – langkah sistematis (Rumus) yang udah terbukti secara umum.  Dari matematika juga kita akan belajar tentang gimana mencari data – data atau fakta – fakta yang valid.

 

3. Matematika Sebagai Bahasa Artifisal

Matematika sebagai bahasa artifisal maksudnya adalah matematika merupakan bahasa tidak resmi, atau tidak alami yang baru mempunyai arti ketika digunakan pada suatu konteks.

 

4. Matematika Sebagai Modeling Secara Sederhana Problematika Dunia Nyata

Kalau kamu pernah denger tentang ilmu teknik sipil dan bangunan, mereka biasanya menyederhanakan masalah – masalah yang ada dengan bahasa dalam matematika, yaitu Angka – angka atau rumus – rumus.

 

Dan masih banyak lagi kegunaan matematika, jadi belajar matematika itu bukan Cuma biar kita bisa jawab kalau kita ditanya anak kita nanti mengenai pr matematikanya.

 

Nah, setelah kita tau kegunaan – kegunaan matematika sekarang kita bisa kenal lebih dalam lagi tentang matematika ini melalui latar belakang atau sejarahnya, gimana sih orang bisa kenal matematika, dan sampe sekarang matematika malah bisa  membantu banget dalam kehidupan kita sehari – hari, Contohnya kaya computer yang sering kita pakai itu, dia adalah satu dari banyak produk atau teknologi yang menggunakan matematika dalam Running process-nya.

 

 

Sejarah Matematika

sejarah matematika, sejarah, gambar sejarah
History about math. Via shuttlestock.com

Secara singkat perkembangan ilmu matematika menurut beberapa referensi yang udah terpercaya, sejarahnya dimulai dari manusia peradaban pertama, dimulai dari sistem bilangan  sederhana yang hanya untuk menunjukan jumlah, kemudian berkembang hingga bisa digunakan untuk masalah yang lebih kompleks seperti berapa jumlah hari dalam setahun, berapa jumlah jam dalam sehari, dst.

Tinggalkan komentar