Juara kelas, juara un, strategi menghadapi ujian nasional

Pengalaman Pribadi Un Matematika |Ini Cara Saya Meraih Nilai 100 un mtk

Cerita ini adalah Pengalaman pribadi, saat saya duduk di kelas 3 SMK.

Tulisan ini saya buat karena saat ini saya sedang mendapatkan tugas untuk menuliskan pengalaman pribadi, dari Pesantren tempat saya belajar saat ini.  Semoga bisa mengisnpirasi !

Nah, di artikel ini, saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana proses perjalanan saya hingga bisa meraih nilai 100 pada Un Matematika, Metode pembelajaran dan Strategi pembelajaran yang saya gunakan, tips sukses dalam ujian nasional (un ), dan beberapa kata – kata motivasi sebagai penyemangat kita untuk terus melangkah dan belajar.

Sebelum kita masuk ke materi inti artikel ini, tentang bagaimana cara saya meraih nilain 100 pada Ujian nasional, atau tips sukses Ujian nasional (un),  akan lebih seru kalau kita kenalan lebih dulu sama si Matematika ini.  Tentang apa sih pengertian matematika yang sebenarnya dan gimana sejarahnya.

Analoginya kita akan lebih gampang buat pelajarin sifatnya kalau kita udah kenal nama dan asal – usulnya, sama kaya kalau kita mau PDKT sama calon pasangan, iya kan?

[bctt tweet=”Kita akan mudah mempelajari dan menerima, ketika rasa cinta telah ada. #Belajar_matematika #FokusUn”]
Ujian nasional, riset ujian nasional

Hasil riset tentang pencarian kata “Ujian nasional” di google

 

Pengertian Matematika

Matematika, apa itu matematika, Gambar matematika

What is math? Via skolavdf.cz

Kalau bicara tentang pengertian matematika, udah umum yang akan dibahas juga pengertian secara etimologi-lah, definisi para ahli-lah dan pengertian – pengertian lainnya. Tapi disini kita hanya akan membahas tentang pengertian secara langsung atau secara sederhananya aja, jadi kita bisa tau apa aja sih kegunaan dari matematika.

Secara sederhana yang saya rangkumkan dari asal kata matematika, pengertian secara etimologi (Istilah) dan definisi – definisi para ahli, kita bisa gabungkan menjadi beberapa kalimat yang sederhana.

Jadi matematika itu, ilmu yang mempelajari perhitungan, cara menggunakan pengkajian secara nalar (logis), dengan  pikiran yang jernih.  Matematika itu juga seni berfikir kreatif yang digunakan dalam pencarian solusi dari permasalahan – permasalahan nyata dikehidupan sehari – hari.

FYI : Mengenai definisi matematika secara lengkap kamu bisa searching lagi yang lebih detail, karena matematika itu, berbeda pakar maka berbeda juga definisi menurutnya, namun intinya akan meliputi hal yang telah kita jabarkan di atas.

Jadi secara logis sebenarnya mempelajari matematika itu juga berguna banget buat kehidupan kita sehari – hari, disamping sebagai syarat untuk kita bisa naik kelas atau lulus dari sekolah.

Nih, sedikit gambaran tentang fungsi matematika yang kita jabrin dari definisi atau pengertian diatas

 

 

1. Matematika Mengungkap Indentitas Manusia

Gambar DNA, DNA

How can we know Your dady. Via zenius.net

Tau teknologi untuk mengetahui analisa kemiripan genetik, atau biasa disebut DNA ?

Nah, Singkatnya dalam proses untuk mengetahui DNA seseorang itu juga sangat dipengaruhi oleh proses perhitungan atau permodelan dalam matematika. Jadi matematika itu gak Cuma tentang ilmu pasti kaya fisika atau biologi aja. Tapi bisa merambah ke biologi.

Ini buktinya, Alexander Isaev bapak penemu Teknologi DNA adalah seorang matikawan.

Introduction to Mathematical Methods in Bioinformatics, ditulis oleh Alexander Isaev, terbitan Springer

 

2. Matematika Sebagai Cara Berfikir

Matematika sebagai cara berfikir karena kalau kita mau tau jawaban dari sebuah soal atau perhitungan kita kudu membuktikan kebenaran dari jawaban itu lewat langkah – langkah sistematis (Rumus) yang udah terbukti secara umum.  Dari matematika juga kita akan belajar tentang gimana mencari data – data atau fakta – fakta yang valid.

 

3. Matematika Sebagai Bahasa Artifisal

Matematika sebagai bahasa artifisal maksudnya adalah matematika merupakan bahasa tidak resmi, atau tidak alami yang baru mempunyai arti ketika digunakan pada suatu konteks.

 

4. Matematika Sebagai Modeling Secara Sederhana Problematika Dunia Nyata

Kalau kamu pernah denger tentang ilmu teknik sipil dan bangunan, mereka biasanya menyederhanakan masalah – masalah yang ada dengan bahasa dalam matematika, yaitu Angka – angka atau rumus – rumus.

 

Dan masih banyak lagi kegunaan matematika, jadi belajar matematika itu bukan Cuma biar kita bisa jawab kalau kita ditanya anak kita nanti mengenai pr matematikanya.

 

Nah, setelah kita tau kegunaan – kegunaan matematika sekarang kita bisa kenal lebih dalam lagi tentang matematika ini melalui latar belakang atau sejarahnya, gimana sih orang bisa kenal matematika, dan sampe sekarang matematika malah bisa  membantu banget dalam kehidupan kita sehari – hari, Contohnya kaya computer yang sering kita pakai itu, dia adalah satu dari banyak produk atau teknologi yang menggunakan matematika dalam Running process-nya.

 

 

Sejarah Matematika

sejarah matematika, sejarah, gambar sejarah

History about math. Via shuttlestock.com

Secara singkat perkembangan ilmu matematika menurut beberapa referensi yang udah terpercaya, sejarahnya dimulai dari manusia peradaban pertama, dimulai dari sistem bilangan  sederhana yang hanya untuk menunjukan jumlah, kemudian berkembang hingga bisa digunakan untuk masalah yang lebih kompleks seperti berapa jumlah hari dalam setahun, berapa jumlah jam dalam sehari, dst.

Setiap benua itu umumnya punya sejarah tersendiri tentang “si matematika” ini, dari bangsa babilonia yang berhasil memulai perhitungan tahun, bulan dan, hari secara sistematis.  Matematika Mesir yang mempelajari tentang aritmatika dan geometri, sampai matematika India yang Memuat nilai π, dan Sulba Sutras (kira-kira 800–500 SM)

[bctt tweet=”kalau memang matematika gak berguna, gak mungkin dia bisa dikembangkan hingga sekompleks di zaman sekarang. #LoveMath #fokusun”]

 

Nah, kalau kamu udah ngerasa matematika itu memang berguna banget, ya setidaknya berguna untuk bisa lulus dengan predikat yang baik. Berati kita udah siap buat pembahasan selanjutnya tentang metode dan strategi untuk lulus un dan meraih nilai terbaik.

Kalau masih terasa berat, gak perlu khawatir karna cinta datang karna terbiasa.  Agak alay tapi ini benerkan, sama kaya bisa suka sama “si doi “ karena kita udah ngerasa terbiasa.

 

Strategi dan Metode Belajar Matematika yang Terbukti Efektif

Kata motivasi belajar, kata kata mutiara

6 Nasihat belajar,Imam syafi’i. Via Syafii.org

1. Mindset dan Mental Juara

Mindset dan mental juara adalah yang harusnya kita bangun terlebih dahulu, tanpa mindset yang benar kita akan sulit untuk konsisten dan akhirnya gak bisa dapat hasil yang maksimal di hari H nanti.

Kamu bisa baca tulisan saya tentang Strategi ini di Ingin Sukses? Ini dia 3 Langkah Mudah Menjadi Orang Sukses Dalam Bidang Apapun dengan Cara Law of Attraction

Tips sukses : Coba deh list Mindset – mindset yang kurang bagus seperti :

  • Aku gak mungkinlah bisa dapet nilai 100 aku kan gak ngerti apa – apa -Change- aku emang belum ngerti apa – apa tapi aku yakin bisa dapet nilai 100.
  • Aku ini emang dasarnya oon –Change- Aku ini gak oon kq, Cuma karena belum belajar aja, dan sekarang aku tau, harus mulai belajar dari sekarang. Dst coba temuin dan rubah
  • Siswa yang deket sama guru itu Caper –Change- Deket sama guru itu juga bagian dari adab menuntu ilmu, bukan karena caper (Cari perhatian)
[bctt tweet=”Temukan pikiran – pikiran yang membatasi kita untuk mencapai performa puncak dan rubah menjadi lebih berdaya #fokusun #Mindset”]

 

2. Confidence

Confidence ini diperlukan banget, baik dalam proses menjelang Un sampai hingga hari H Un tiba.

Nah disitulah pentingnya Mindset dan Mental Juara, selain dari itu perlu juga kita memiliki mindset – mindset yang buat kita lebih berdaya.

Tips sukses : penting juga untuk gak terlalu mendewakan un sampai kita lupa  waktu buat refreshing atau bermain dengan teman.

  • Buat jadwal bareng dengan guru atau teman yang udah expert tentang “rundown” materi yang harus kita pelajari. Buat rondownnya yang masuk akal ya, sesuaiin sama keadaan kita, kalau sudah mulai terbiasa baru ditambah list materi yang harus dipelajari dalam sautu waktu tertentu, misalnya.
[bctt tweet=”Serius itu perlu dalam mencapai suatu hal, tapi jangan lupa untuk ambil waktu santai. #Fokusun #strategibelajar”]

 

3. Disiplin Dalam Belajar

Ini penting banget, Disiplin ini gak berarti sampai kita nggak boleh maen loh. Tapi Disiplin dalam belajar berarti kita konsisten sama jadwal yang udah kita buat.

Jadi kita boleh aja main, tapi kalau kita udah selesaiin kewajiban terlebih dahulu, Berat? Gak juga karna dalam hal disiplin gak ada tawar menawar, harus selesaikan tugas terlebih dahulu.

  • Untuk bisa ngejalanin ini kita perlu banget untuk bikin jadwal
  • kita boleh aja main, tapi kalau kita udah selesaiin kewajiban, khususnya kewajiban belajar
  • Sambil belajar un, coba baca – baca tentang materi skala prioritas dalam kegiatan.

 

4. Strategi Manajemen Waktu

Strategi manajemen waktu ini berarti kita kasih jadwal juga kapan waktu kita belajar, dan kapan main.

Tips sukses : Jangan terlalu detail banget dalam manajemen waktu, bisa stress nanti. Kita hanya perlu menekankan kapan waktu – waktu wajib untuk belajar, untuk di luar waktu wajib kita bebas pilih mau main atau lanjutin belajar.

  • Fakum dari kegiatan tambahan seperti ekstrakulikuler, organisasi siswa, dan lainnya yang kurang mendukung dalam visi kamu. Berat memang, tapi tetap harus dilakukan. Karena memang akan jauh lebih baik kalau kita focus dan menerapkan skala prioritas. Kamu bisa kembali lagi beraktifitas organisasi setelah melewati ujian nasional.
[bctt tweet=”Semuanya akan lebih berdampak, ketika kita bisa focus pada satu target, seperti sinar laser yang menembus tembok yang tebal. #fokusun #strategibelajar”]

 

5. Strategi Memahami Pelajaran

memahami pelajaran disini gak berarti kita harus pinter loh, ada beberapa pelajaran yang memang kita harus benar – benar kuasai dan beberapa yang kita hanya sekilas untuk tau.

Tips sukses :

  • Coba deh untuk biasakan duduk dibarisan depan, ini worth banget karna selain suara penjelasan dari guru lebih terdengar, kita juga bisa jauh lebih konsentrasi dalam menyimak pelajaran, selain itu juga kalau ada pertanyaan kita bisa lebih gampang untuk bertanya tanpa terlalu khawatir perasaan teman – teman yang lain, yang suka meledek, karena kita ada dibarisan depan, jadi mereka gak terlihat sama kita.
  • Setelah selesai jam belajar resmi atau penerangan dari guru, kita wajib untuk luangin waktu. Setidaknya 5 – 10 menit untuk meriew apa – apa aja yang udah dijelasin
  • Coba untuk ngajarin atau terangin ulang ke temen – temen, khususnya yang masih belum paham tentang ilmu yang udah kita dapet. Aneh? Gak justru karena kita ngulangin materi yang udah kita dapet, itu akanan buat kita jauh lebih inget lagi tentang materi itu. Gak perlu khawatir kalau kamu gak bisa jawab pertanyaan dari temenmu nanti, justru itu yang akan buat kamu. Masih inget, deketin guru itu bukan caper tapi akhlak yang baik !

 

6. Strategi dan Pola Dalam Belajar

Ini cukup penting untuk disampaikan, kalau semua orang sukses menggapai kesuksesnya itu bukan karena satu tindakan, jadi orang – orang yang sukses pasti memiliki kebiasaan – kebiasaan tertentu yang mereka lakukan secara berulang, nah itu lah yang nantinya jadi.

Jadi jangan pernah mikir kalau kita langsung ngerjain soal Un atau Cuma belajar sekali kita bisa langsung sukses atau dapat nilai 100.

Tips sukses :

  • Bergabung dengan anak – anak yang emang pintar dikelas, ajak mereka makan, sesekali gak masalah kita yang teraktir.
  • Cari guru yang sesuai dengan pola kita dan sabar dalam membimbing, jika memang harus belajar tambahan, ikut aja, tapi ingat jangan lupa refreshing idealnya 1 pekan sekali, dan Gak boleh lebih dari jam 5 sore pulang kerumahnya.
  • Kalau dalam Pelajaran un secara keseluruhan seperti un bahasa inggris, un bahasa Indonesia, dan un matematika. Akan jauh lebih baik kalo kita focus kesalah satu terlebih dahulu.  Dan karena Matematika adalah satu – satunya yang nilai kebenaranny pasti, Saya focus terlebih dahulu di matematika.
  • Gunakan pola dalam belajar seperti ini : Belajar dari teori yang paling dasar, terus kerjakan soal yang berkaitan dengan teori dasar itu, terus naik lagi ke teori berikutnya, dan terus kerjakan lagi soalnya, terus menerus diulang sampe kita ke tingkat yang advance.

Pola belajar berarti kita melakukan secara berulang dengan cara yang sama dalam belajar.

 

Jadi inti dari beberapa point tadi jika disimpulkan adalah.

  1. Miliki visi misi yang jelas

  • Dengan Visi kita akan dengan sendirinya terbentuk mental juara
  • Dengan Visi Kita akan bisa mengukur jadwal kita, jadi akan lebih mudah untuk menjalankan disiplin diri.
  1. Kontsisten dan Presisten

  • Ini adalah kunci kesuksesan yang semua orang gunakan, Presisten artinya ketika kita sudah menentukan target maka target itu gak boleh dirubah – rubah lagi, makanya butuh perenungan memang ketika nentuin target.
  • Presisten artinya Cara kita mencapai goalnya, ketika cara A gak berhasil, dan setelah diperbaiki juga masih belum berhasil, maka gunakan cara b, dst.
  1. Do’a

  • Karena untuk melakukan hal – hal diatas itu gampang – gampang susah, butuh istiqamah juga, dan mustahil kita bisa berhasil tanpa doa.

 

 

Begitu juga dengan saya, ketika di awal kelas 2 SMK, saya sama sekali tidak paham tentang matematika, bahkan cenderung benci dengan matematika dan menganggap matematika tidak berguna.  Tapi di awal semester kelas 3, bermodalkan Visi yang jelas bahwa saya ingin menjadi lulusan terbaik dan salah satu caranya adalah dengan mendapatkan nilai 100 dalam salah satu pelajaran yang diujikan di Ujian nasional.

FYI bahkan saya ketika di awal semester kelas 3, Belum mengerti tentang bagaimana perkalian silang, pembagian dengan akar, apalagi penyelesaian soal. Saya biasa mengerjakan soal matematika dengan feeling, hehehe…

Jadi terlepas dari keadaan kita saat ini, susun aja Visi atau Goals kita, Konsisten dan Presisten, dan belajar dari yang terbaik.

Sukses itu 15% dan 85% adalah Mindset, perilaku ataupun doa

[bctt tweet=”Pada akhirnya Nilai itu Cuma deretan angka, jadi tetep junjung tinggi kejujuran. #siapun #fokusun”]

 

Finally, its done.

War, Shoulder, How to be a winner

Done — dengan ini kita sudah 50% dalam menuju kesuksesan — Lakukan secara continue, Insya allah kita akan menggapai apa yang kita impikan

 

Kalau ada yang kurang ngerti bisa dibaca yang ini dulu ya Ingin Sukses? Ini dia 3 Langkah Mudah Menjadi Orang Sukses Dalam Bidang Apapun dengan Cara Law of Attraction. agak males juga ngejelasin lagi disini, hehehe…

 

Mohon maaf jika ada kesalahan dalam kata – kata atau penulisan, Jika ada yang ingin ditanyakan atau didiskusikan bisa comment dibawah.

 

Leave a Comment