Review Lengkap Kampus Bisnis Umar Usman

Ini adalah artikel Penulis  yang ke-8 mengenai cerita pengalaman pribadi. Di dalam artikel ini Penulis akan bercerita mengenai semua hal yang Penulis ketahui tentang kampus bisnis umar usman, berdasarkan pengalaman pribadi.

  • Di dalam artikel ini, Penulis akan bercerita tentang apa itu kampus umar usman, dan bagaimana sejarahnya.
  • Detail alamat kampus bisnis umar usman dan bagaimana cara mengaksesnya entah itu melalui kereta, busway atau mobil angkutan umum.
  • Kegiatan perkuliahan dan matrikulasi yang diajarkan.
  • Program – program pembelajaran eksternal, seperti business challenge, business tour.
  • program – program pembelajaran internal seperti pembekalan mental, pembiasaan puasa senin-kamis, dan
  • Hal-Hal yang terkait dengan kampus bisnis Umar Usman, seperti pengalaman alumni, kehidupan kampus, dan lain sebagainya.

Di dalam artikel ini juga penulis akan berbagi tentang tips dan trik, bagaimana cara mendapatkan beasiswa umar usman.

FYI : Semua hal yang akan Penulis jabarkan dibawah ini bersifat objektif. Hal ini karena referensi penulis untuk membuat konten ini adalah website remsi kampus bisnis umar usman, sharing pengalaman dengan para alumni kampus bisnis umar usman, dan berdasarkan pengalaman pribadi dari penulis yang sudah mengenal kampus bisnis umar usman sejak 2014.

Business school, kampus bisnis terbaik, lambang kampus bisnis
Umar usman business school. Via. sekolahumarusman.com

 

Penulis mengenal kampus umar usman sejak tahun 2014, sekolah bisnis itu sendiri berdiri pada tahun 2011 di Jakarta. Pendirian kampus ini melalui kerjasama antara lembaga ZISWAF Indonesia, yaitu Dompet Duafa dengan Ippho Santosa, motivator fenomenal pakar otak kanan.

Penulis berharap artikel ini dapat menjadi review atau referensi khususnya untuk teman – teman yang ingin melanjutkan pendidikan di lembaga Business school.

Oh ya sebagai tambahan referensi, Penulis juga akan sedikit membahas tentang perbedaan dan keunikan sekolah bisnis Umar Usman dengan sekolah bisnis lainnya, seperti Prasetiya mulya business school (PSMB), ITB Business school ataupun Binus business school.

 

Apa Itu Kampus Bisnis Umar Usman

Kampus bisnis Umar Usman adalah lembaga pendidikan formal di bawah naungan Dompet Duafa, yaitu sebuah lembaga  ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Wakaf) Indonesia. Dompet Duafa adalah lembaga resmi Ziswaf yang bersifat niralaba.

Kampus Umar Usman merupakan salah satu bentuk nyata pengelolaan ZISWAF Dompet Duafa. Walaupun kampus ini berbayar, namun biaya kuliahnya dibuat seminim mungkin karena amanat dari para founder untuk menjadikan kampus ini sebagai bagian dari Investasi amal mereka.

Kampus Umar Usman sendiri berfokus pada bidang pendidikan kewirausahaan. Kampus ini hanya berfokus pada pendidikan kewirausahaan dan hanya memliki dua jurusan, yaitu Manajemen Produksi dan Manajemen Pemasaran.

Dalam pemilihahan jurusan Manajemen Produksi dan Manajemen Pemasaran, kampus ini membagai kedalam dua kategori kelas, yaitu

Kelas Start up (Pemula) kelas ini diperuntukan bagi mahasiswa yang belum mempunyai bisnis atau masih sangat awam tentang bisnis, dan

Kelas Grow up (Kelas Lanjutan) : Kelas yang dikhususkan untuk yang telah memiliki bisnis dan bertujuan untuk mengembangkan bisnisnya.

FYI : Pembagian kelas ini biasa dilakukan pada semester satu perkuliahan.

Pada dasarnya kampus ini akan sangat sesuai untuk kita yang ingin menjadi pengusaha profesional. Untuk kita yang ingin mendapatkan ilmu bisnis dengan cara praktek langsung di lapangan, atau istilahnya learning by doing. Hal ini karena martikulasi yang diajarkan kampus ini adalah 70% Praktek lapangan, dan hanya 30% teori di dalam kelas.

Tapi walaupun kampus ini berfokus untuk mendidik dan melahirkan pengusaha profesional, kampus ini juga memberikan gelar kepada para alumninya berupa gelar diploma 1 atau ahli pertama (A.P)

 

FYI : Di kampus ini, sistem penilaian yang digunakan adalah penilaian berdasarkan praktek Real di lapangan. Jadi kita tidak akan ditanya tentang bagaimana teori menjual, di dalam soal ujian kita, tapi akan di tanya berapa profit yang kita peroleh dari hasil ujian praktek berjualan di lapangan. Hasil profit itulah yang akan menjadi nilai kita di raport pembelajaran nanti.

 

Sejarah Kampus Bisnis Umar Usman

Kampus ini resmi berdiri pada tahun 2011 atas inisatif beberapa praktisi wirausaha Indonesia. Dalam hal inisiatif ini Ippho Santosa menjadi salah satu pelopornya. Ippho Santosa adalah seorang wirausahawan profesional sekaligys motivator. Beliau terkenal dengan jurus “Marketing langit” yang selalu menjadi andalannya dalam setiap kegiatan.  Marketing langit adalah sebuah seni berjualan dengan menjadikan nilai sprititual sebagai ujung tombak pada setiap usaha.

Dalam pendirian kampus bisnis Umar Usman, Ippho Santosa bekerjasama dengan Dompet Duafa.

Dompet Duafa adalah sebuah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infaq, Shadaqah, Wakaf, serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga).

Alamat Lengkap Kampus Bisnis Umar Usman

visi misi, kampus umar usman, dompet duafa
Sejarah dan Tujuan dompet duafa. Via Dompetduafa.org

 

Berangkat dari kenyataan bahwa bangsa yang besar setidaknya harus memiliki 2% pengusaha professional, dan kenyataan bahwa umat muslim di Indonesia masih banyak yang hidup dalam zona kemiskinan. Maka pada tahun 2011 kampus bisnis Umar Usman resmi didirikan.

Pendirian kampus ini diharapkan dapat menambah jumlah wirausahawan professional Indonesia, yang secara langsung akan dapat membantu umat muslim.  Penambahan jumlah wirausahawan professional Indonesia juga secara langsung akan membawa kemajuan untuk bangsa Indonesia.

Seperti dikutip dari koran Tempo Deputi Menteri Perekonomian bidang Industri dan Perdagangan menyebutkan, ” syarat dari negara maju salah satunya adalah memiliki jumlah wirausaha minimal 2 persen dari total populasi”.

Sementara itu Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, bahwa jumlah pengusaha di Indonesia hanya sekitar 1,65 persen dari jumlah penduduk saat ini.”Kita kalah jauh dibandingkan dengan negara tetangga. Misalnya Singapura sebesar tujuh persen, Malaysia lima persen, dan Thailand empat persen,” kata Puspayoga dalam acara “Penghargaan Wirausaha Muda Mandiri”. Sumber Republika.co.id

Jumlah pengusaha nasional indonesia tahun
Gambar via nasional.republika.co.id

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai visi misi Umar Usman, bisa kunjungi halaman resminya di Visi Misi Kampus Umar Usman

 

Kegiatan Perkuliahan Kampus Bisnis Umar Usman

Seperti yang sudah Penulis jelaskan di atas, kalau pada dasarnya kampus ini adalah kampus yang dipersiapkan untuk orang–orang yang ingin menjadi wirausahwan professional, sesuai dengan visi misi kampus bisnis Umar Usman itu sendiri.

Kegiatan perkuliah hanya dilakukan selama 3 hari dalam setiap pekannya, yaitu hari senin, rabu, dan kamis.
Kegiatan perkuliahan dimulai pada jam 10.00 s/d 16.00 WIB.

Kegiatan belajar mengajar secara sengaja dibuat renggang, karena diharapkan pada hari dan jam luang para mahasiswa dapat mempraketkan ilmu yang sudah didapatkannya di kampus, dan secara langsung juga memahami tentang pola perbandingan kebenaran suatu teori dengan praktek di lapangan.

FYI : Hampir semua mahasiswa bekerja (berjualan) di hari dan jam luang itu, selain untuk mempraktekan ilmu yang didapatkannya, dan menguji teori yang ada, mereka juga mencoba mencari uang tambahan di waktu–waktu luang tersebut.

 

Hal ini juga menjadi salah satu alasan kampus bisnis Umar Usman tidak membuka Kelas Karyawan, karena dianggap mahasiswa sudah bisa mencukupi kebutuhan hidupnya dengan mempraktekan secara langsung ilmu bisnisnya (selling/berjualan)

 

Metode Pembelajaran Kampus Bisnis Umar Usman.

Metode pembelajaran kampus Umar usman merupakan ciri khas tersendri, dimana mereka memadukan fokus pembelajaran, antara Training, Coaching, dan Mentoring. Metode pembelajaran seperti ini juga menjadi pembeda antara kampus bisnis Umar Usman dengan kampus bisnis lainnya, seperti Prasetiya Mulya Business School (PMBS), ITB Business School, ataupun Binus Business School.

 

Training : Pembekalan materi yang bersifat teori berdasarkan teori bisnis yang sudah distandarisasi, sebelum siswa praktek di lapangan.

Coaching : Proses praktek langsung di lapangan, berdasarkan teori yang sudah dijelaskan pada pembekalan materi (Training), dalam proses ini juga siswa diminta untuk bisa mencoba, mengaplikasikan teori –teori yang sudah dijelaskan, dan memeriksa apakah ada perbedaan antara teori, dan praktek di lapangan.

Dalan proses praktek di lapangan, setiap siswa akan di damping oleh fasilitator, yang akan membantu  dalam pemberian solusi terhadap hal-hal teknis lapangan yang sedang mereka hadapi.

Dalam tahap Coaching siswa akan diminta untuk mengevaluasi tentang teori-teori yang sebelumnya didapatkan didalam kelas, dan menyimpulkan apakah teori tersebut bisa digunakan dalam bisnisnya atau tidak. Kemudian dari hasil evaluasi tadi, siswa diminta untuk mempresentasikan secara langsung mengenai hasil evaluasi, dan proses perjalanan prakteknya didepan para guru, dan teman-temannya.

Mentoring : Dalam tahap mentoring ini, siswa akan dipertemukan secara langsung, dengan praktisi yang sudah ahli dibidangnya, untuk menggali, dan mempelajari lebih dalam lagi, ilmu yang sudah didapatkannya.

Dengan metode ini, diharapkan para mahasiswa kampus bisnis Umar Usman, dapat menjadi wirausahawan yang professional, tangguh, serta dapat menjalin relasi, atau membangun jaringan dengan wirausahawan lainnya.

 

Persyaratan Untuk Mengkuti Seleksi Kampus Bisnis Umar Usman

1. Minimal Lulusan SLTA/Sederajat
2. Laki-Laki / Perempuan
3. Usia Maksimal 25 Tahun (Per 1 Maret 2016)
4. Single
5. Bermotivasi Tinggi untuk jadi Pengusaha
6. Disetujui Orang Tua

[bctt tweet=”Kampus ini adalah sebuah rekomendasi eksklusif dari para wirausahwan papan atas Indonesia #kampusbisnis”]

17 pemikiran pada “Review Lengkap Kampus Bisnis Umar Usman

  1. Halo kang Endang..
    Wah, baru pertama saya mendengar mengenai kampus ini..Mungkin saya kurang gaul.. Tapi keren..
    mencetak professional businessman..
    Semoga wirausaha Indonesia makin bertambah dengan adanya sekolah ini…

    • Halo mas, iya kampus ini memang masih baru. saya tulis artikel itu harapannya agar makin banyak yang bisa merasakan dan menikmati salah satu bentuk nyata shadaqah untuk para ibnu sabil.
      sebarkan ya

  2. keren juga kampusnya, kegiatan belajar kan seminggu hanya 3 kali di kampus, terus waktu luang di hari” lain yg katanya praktek dilapangan itu bagaimana lebih jelasnya min? tolong di jelaskan

Tinggalkan komentar