Mengenal Ki Hadjar Dewantara, Biografi dan Sejarah Lengkapnya

Beliau meninggal pada tanggal 28 April 1959, dua tahun setelah beliau mendapatkan gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Gadjah Mada (UGM). Kemudian beliau di makamkan di kota Yogyakarta.

Begitu banyak pembelajaran yang kita bisa ambil dari sosok tangguh, sabar dan penyayang ini. Diantara pokok pembelajaran yang beliau berikan adalah 3 kata dasar, yang hingga sekarang menjadi dasar dari pendidikan di Indonesia, yaitu :
 Tut Wuri Handayani
 Ing Madya Mangun Karsa
 Ing Ngarsa Sungtulada

Tiga kata dasar itu mempunyai arti dan makna yang begitu mendalam, yakni “Yang dibelakang memberi dorongan, yang ditengah menicptakan peluang untuk berprakarsa, dan yang di depan memberi teladan.”

Gambar tutwuri handayani-ki hadjar dewantara-1
3 Kata yang menjadi dasar pendidikan Indonesia. | Pict by. ayosebarkan.com

Demikianlah profil singkat Ki Hadjar Dewantara, seorang sosok pahlawan nasional yang begitu luar biasa cerdas, sabar dan penyang. Semoga beliau mendapatkan tempat terindah dari Allah yang maha esa, atas segala perjuangan, pengorbanan, dan pencapaian yang beliau berikan.

Satu pemikiran pada “Mengenal Ki Hadjar Dewantara, Biografi dan Sejarah Lengkapnya

  1. aku anak tamasiswa ^o^… ada cabangnya 1 di Lhokseumawe , aceh utara.. dan bangga bgt bisa sekolah di sana.. masih inget kita punya pelajaran khusus ttg Tamansiswa, termasuk belajar ttg sejarah hidup Ki Hajar dewantara, trs ada lagu hymne tamansiswa yg kita nyanyiin tiap penutup acara bendera :).. kangen bgt kalo inget itu

Tinggalkan komentar