8 Macam Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa dan Cara Membuatnya

8 Macam Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa dan Cara Membuatnya| Di dalam artikel kali ini, Penulis akan coba menjabarkan tentang kerajinan tangan dari batok kelapa, mulai dari gambaran besar mengenai kerajinan dari batok kelapa, teknik-teknik khusus yang biasa digunakan pengrajin untuk mempermudah pembuatan kerajinan tangan dari batok kelapa, hingga contoh-contoh kerajinan tangan yang bisa dihasilkan dari batok kelapa.

Sebelumnya penulis ingin supaya kamu lebih yakin kalau tidak ada sesuatupun yang Allah ciptakan, melainkan pasti mempunyai manfaat untuk kehidupan mahkluk lainnya. Diantara beberapa ciptaan Allah itu bahkan ada yang memiliki banyak manfaat untuk mahkluk hidup lainnya, mulai dari bagian ujung bawah hingga ujung atasnya. Nah salah satu dari ciptaan yang memiliki banyak manfaat itu adalah Pohon kelapa.


 

Selama ini kita pasti sudah familiar dengan pohon yang menjadi icon lembaga pramuka indonesia ini, Pohon kelapa terkenal dengan banyak manfaat dan keutamaannya. Semua bagian pohon kelapa memang memiliki kebermanfaatan, mulai dari daunnya yang sering dijadikan janur sebagai pertanda bagi bahwa ada orang yang sedang menikah, buah penuh manfaat dan kesegaran, batangnya yang bisa dijadikan sebagai pondasi bangunan, akarnya yang mampu mengurangi abrasi pantai.
Nah, tapi ada satu bagian yang mungkin sering terlewat untuk dimanfaatkan, yakni batok kelapa. Batok kelapa selama ini cenderung dianggap sebagai limbah dan kotoran oleh sebagian besar masyarakat. Kalaupun ada yang memanfaatkan itupun masih sebatas pada hal-hal sederhana seperti menjadikannya sebagai bahan arang. Masih jarang orang-orang yang memanfaatkan batok kelapa sebagai suatu karya seni, padahal kreasi kerajinan tangan dari batok kelapa memiliki banyak peminat, mulai dari pasar lokal hingga manca negara, seperti Jepang, Australia, Amerika, Eropa dan lainnya.

Mungkin, proyek pengerjaan yang tergolong rumit menjadi salah satu penyebab kerajinan tangan dari batok kelapa jarang diminati oleh masyarakat indonesia, padahal dimana ada masalah justru disitu ada peluang bisnisnya.
Di tangan bapak Nur Rofiq -seorang pengerajin dari batok kelapa asal yogyakarta- beliau berhasil menemukan solusi kreatif, agar batok kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan. Dengan solusi kreatifnya tersebut beliau kini mampu memiliki penghasilan dengan omzet milyaran. Berikut adalah beberapa teknik dan langkah sederhana yang beliau lakukan, dalam membuat kerajinan tangan dari batok kelapa.

Trik-Trik Yang Bisa Dilakukan Dalam Pembuatan Kerajinan Tangan Dari Batok Kelapa Agar Untuk Mempermudah Pengerjaan

o Pilih batok kelapa yang sudah tua dan memiliki tekstur keras.
– Ciri-ciri dari batok kelapa yang sudah tua dan memiliki tekstur keras adalah, bagian potongannya memiliki warna kehitaman
o Persiapkan alat-alat dan bahan yang akan dibutuhkan dalam pembuatan kerajinan tangan dari batok kelapa
– Alat-Alat : Pisau, Gergaji/ Be/si, Pecahan kaca, Amplas dan lainnya
– Bahan-Bahan : Lem kayu, Daun pisang kering, Cat pernis dan lainnya

Langkah-langkah dalam Pembuatan Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa

1. Bersihkan batok kelapa dari sisa-sisa serabut dengan menggunakan amplas kasar
2. Bersihkan kembali batok kelapa dengan menggunakan amplas halus, supaya bagian permukaan batok kelapa terasa halus
3. Bersihkan lagi batok kelapa untuk yang 3 kali dengan menggunakan daun kering, agar permukaan batok kelapa terlihat mengkilat
4. Potong bagian batok kelapa menggunakan gergaji besi sesuai dengan pola dan ukuran yang sudah ditentukan

2 pemikiran pada “8 Macam Kerajinan Tangan dari Batok Kelapa dan Cara Membuatnya

  1. yang bikin kancing itu, aku mumet mikirin gimana bentuknya bisa bulet sempurna, dan lubang di tengahnya itu mas -_-.. kalo yang paling gampang aja bikin pusing, ya sudahlah yaa, sepertinya lebih memilih yang udh jadi aja 😀

Tinggalkan komentar