12 Ide Kreasi Kerajinan Tangan dari Kertas + Gambar Pembuatannya|Aneka Kertas

Di dalam artikel ini penulis ingin memberikana 12 ide kreasi kerajinan tangan dari kertas yang bisa kamu contoh untuk dibuat, dari mulai kertas origami, kertas koran, hingga kerajinan tangan dari kertas bekas.
Di dalam artikel ini penulis juga memberikan gambar-gambar kerajinan tangan dari kertas, dan gambar-gambar tahapan cara pembuatannya.

Nah, berikut adalah 12 Ide kreasi kerajian tangan dari kertas yang bisa kamu contoh untuk dipraktekan.


Kerajianan Tangan dari Kertas dengan Tingkat Kerumitan Sederhana


#1. Kerajinan Tangan dari Kertas Origami – Hiasan Dinding Berbentuk Hati

Kerajinan tangan dari kertas- Hisan dinding berbentuk hati|Pict by. blogof.francescomugnai.com

Kerajinan tangan dari kertas- Hisan dinding berbentuk hati|Pict by. blogof.francescomugnai.com

Hiasan dinding berbentuk hati ini termasuk kerajinan tangan dari kertas dengan tingkat pengerjaan yang sederhana. Kamu cukup membuat pola berbentuk hati pada kertas berwarna merah, memotongnya sesuai pola, kemudian menempelkannya secara teratur pada dinding rumah. Semakin kamu hebat dalam mengatur tata letaknya, akan semakin bagus juga hasilnya.

Hiasan dinding berbentuk hati ini juga bisa loh kamu buat dari kertas bekas, atau kertas lainnya yang memiliki warna serupa.

#2. Kerajinan Tangan dari Kertas Koran – Ornamen Berbentuk Lampu Hias

Kerajinan tangan dari kertas- Ornamen lampu hias |Pict by. bintang.com

Kerajinan tangan dari kertas- Ornamen lampu hias |Pict by. bintang.com

Ornamen berbentuk lampu hias ini termasuk kerajinan tangan dari kertas dengan tingkat pengerjaan yan sederhana. Meskipun terlihat begitu komplek, tapi sebenarnya kita bisa membuatnya dengan singkat dan mudah.

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan benda yang bisa dibentuk sebagai bagian bawah lampus hias, seperti dari kaleng bekas atau semacamnya. Kemudian menyiapkan benda berbentuk bulat seperti gambar di atas.
Barulah setelah kita menemukan benda atau barang-barang bekas di atas, kita tinggal menempelkan potongan-potongan kertas koran dengan tata letak sesuai keinginan hati kita. Hehe..

#3. Kerajinan Tangan dari Kertas Origami – Hiasan Surat Cinta

Kerajinan tangan dari kertas- Surat cinta|Pict by. googleimages.com

Kerajinan tangan dari kertas- Surat cinta|Pict by. googleimages.com

Hiasan dari surat cinta ini bisa kamu buat dari kertas origami, ataupun kertas lainnya yang memungkinkan kamu untuk menulis “isi hati”kamu untuk si dia pada sisi bagian dalam hiasan surat cinta. Bentuknya yang unik dan anti-mainstream mungkin akan memberi kesan yang berbeda dari surat cinta pada umumnya.

#4. Kerajinan Tangan dari Kertas Bekas – Hiasan Langit-Langit Berbentuk Awan

Kerajinan tangan dari kertas-Hiasan langit-langit kamar |Pict by.

Kerajinan tangan dari kertas-Hiasan langit-langit kamar |Pict by.googleimages.com

Pada artikel kali ini ada beberapa varian hiasan langit-langit yang penulis lampirkan disini, salah satunya adalah hiasan langit-langit berbentuk awan seperti gambar di atas.

Hiasan langit-langit berbentuk awan ini termasuk kerajinan tangan dari kertas yang mudah untuk di buat loh, kamu hanya perlu menguntingnya sesuai pola, kemudian mengaitkan benang pada kertas berbentuk awan dengan langit-langit kamar.

Selain menggunakan kertas bekas sebagai bahan utama pembuatannya, hiasan langit-langit berbentuk awan ini juga bisa kamu buat dari kertas origami, kertas koran, atau aneka macam kertas lainnya sesuai dengan selera kamu masing-masing.


Kerajianan Tangan dari Kertas dengan Tingkat Kerumitan Menengah


#1. Kerajinan Tangan dari Kertas Origami – Hiasan Langit-Langit Berbentuk Berlian

Kerajinan tangan dari kertas- Hiasan langit-langit kamar|Pict by. howtoinstructions.org

Kerajinan tangan dari kertas- Hiasan langit-langit kamar|Pict by. howtoinstructions.org

Hiasan langit-langit dari berlian ini termasuk dalam kategori menengah dalam pengerjaannya, meskipun kelihatannya sederhana, tapi percaya deh kalau kamu akan membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi saat proses pembuatan pola berliannya.

Selain menggunakan kertas origami sebagai bahan utama pembuatannya, kamu juga bisa menggunakan kertas-kertas lainnya seperti, kertas koran, kertas bekas, atau kertas yang lainnya, dalam membuat kreasi kerajianan tangan berbentuk berlian seperti gambar di atas.

#2. Kerajinan Tangan dari Kertas Origami – Hiasan Langit-Langit Berbentuk Bunga

Kerajinan tangan dari kertas- Hiasan langit-langit kamar|Pict by. goorigami.comgoorigami.com

Kerajinan tangan dari kertas- Hiasan langit-langit kamar|Pict by. goorigami.comgoorigami.com

Hiasan langit-langit berbentuk bunga seperti gambar di atas, adalah salah satu varian hiasan langit-langit dengan tingkat kerumitan sederhana. Entah dari sisi sebelah mana kamu melihat tingkat kerumitannya. Tapi bagi penulis kerajinan tangan berbentuk bunga ini tidak bisa dikatakan mudah, tidak juga dikatakan sulit.

Hiasan langit-langit berbentuk bunga seperti gambar di atas, selain bisa kamu buat dari kertas origamai, juga bisa kamu buat dari aneka varian kertas yang ada, seperti kertas koran, kertas bekas, atau aneka macam kertas lainnya sesuai dengan selera kamu masing-masing.

#3. Kerajinan Tangan dari Aneka Macam Kertas – Bunga Mawar dari Kertas

Kerajinan tangan dari kertas- Bunga mawar|Pict by. homesthetics.net

Kerajinan tangan dari kertas- Bunga mawar|Pict by. homesthetics.net

Bunga mawar dari kertas seperti gambar di atas, ternyata termasuk dalam kategori kerumitan tingkat sederhana. Sekilas memang terlihat kompleks saat kita haya melihat hasil akhir dari bunga mawar dari kertas ini. Tapi kalau kamu lihat gambar di atas, seharusnya kamu sudah ada gambaran mengenai cara dan pola dalam pembuatannya.

#4. Kerajinan Tangan dari Kertas Bekas – Hiasan Lampu

Kerajinan tangan dari kertas- Hiasan lampu kamar|Pict by. blogof.francescomugnai.com

Kerajinan tangan dari kertas- Hiasan lampu kamar|Pict by. blogof.francescomugnai.com

Hiasan lampu seperti gambar di atas termasuk dalam kategori kerumitan tingkat sederhana. Penulis menilai seperti itu karena 2 faktor yakni, faktor kemudahannya adalah dalam membuat desain bulu-bulu dari kertas seperti pada gambar di atas, sedangkan faktor kesulitannya adalah kita harus membuat banyak bulu-bulu kertas untuk membuat hiasan lampu seperti gambar di atas.

Tapi mungkin kita bisa menggunakan alat bantu dalam pengerjaannya, untuk membuat desain bulu-bulu seperti gambar hiasan lampu di atas.


Kerajianan Tangan dari Kertas dengan Tingkat Kerumitan Kompleks atau Rumit


#1. Kerajinan Tangan dari Kertas – Hiasan Dinding Berbentuk Bunga

Kerajinan tangan dari kertas- hiasan dinding|Pict by. goorigami.com

Kerajinan tangan dari kertas- hiasan dinding|Pict by. goorigami.com

Hiasan dinding berbentuk bunga adalah kreasi kerajiann tangan dari kertas, dengan tingkat kerumitan kompleks pertama, yang penulis sajikan dalam artikel ini

Hiasan dinding tersebut akan mempunyai tahapan yang cukup panjang dalam pengerjaannya, mulai dari membuat gulungan kertas satu persatu seperti pada gambar di atas, kemudian menempelkannya, kemudian membuat gulungan yang sama sebagai bagian luanya.

#2. Kerajinan Tangan dari Kertas Tisue – Bunga Mawar dari Kertas Tisue

Kerajinan tangan dari kertas- Bunga mawar|Pict by. blogof.francescomugnai.com

Kerajinan tangan dari kertas- Bunga mawar|Pict by. blogof.francescomugnai.com

Sedikit berbeda dari daftar ide kreasi kerajian tangan dari kertas sebelum-sebelumnya. Bunga mawar cantik ini terbuat dari kertas tisue.

Bunga mawar dari kertas tisue ini memiliki tingkat kerumitan yang kompleks dalam pengerjaannya, mulai dari pembentukan pola, pewarnaan kertas tisue, sampai dengan menyatukannya dengan tangkai bunga.
Kalau kamu bisa membuat kerajinan tangan dari kertas tisue seperti gambar di atas, berarti sudah tidak diragukan lagi kalau kamu adalah seseorang yang berjiwa seni tinggi.

#3. Kerajinan Tangan dari Kertas – Miniatur Mobil

Kerajinan tangan dari kertas- Mobil miniatur|Pict by. hondapartsonline.net

Kerajinan tangan dari kertas- Mobil miniatur|Pict by. hondapartsonline.net

Kerajinan tangan berbentuk miniatur mobil ini sudah tidak diragukan lagi tingkat kerumitannya. Mulai dari sisi modeling dan pembuatan skala yang tampak sangat detail, pewarnaan pada bagian-bagian mobil, hingga detail lampu dan lambang pabrik keluaran mobil.

Penulis sangat yakin kalau kamu adalah orang yang berjiwa seni tinggi, saat kamu berhasil membuat kerajinan tangan miniatur mobil seperti gambar di atas.

#4. Kerajinan Tangan dari Kertas – Mobil-Mobilan dari Kertas Koran

Kerajinan tangan dari kertas- Mobil koran|Pict by. bintang.com

Kerajinan tangan dari kertas- Mobil koran|Pict by. bintang.com

Ide kreasi terakhir yang penulis berikan dalam artikel ini adalah kerajinan tangan mobil-mobilan dari kertas koran.
Sedikit berbeda dari kreasi-kreasi sebelumnya. Pembuatan mobil-mobilan dari kertas ini dibuat dengan teknik yang berbeda, yakni dengan membuat bubur kertas terlebih dahulu, baru kemudian hasil dari bubur kertas koran kita masukan kedalam cetakan berbentuk mobil-mobilan.

Terdengar sederhana memang, tapi saat kamu mencoba untuk membuatnya, kamu akan tau dimana letak kesulitannya, hehe…

Nah, demikianlah 12 Ide kreasi kerajinan tangan dari kertas yang bisa kamu coba juga untuk membuatnya. Meskipun dari daftar-daftar di atas penulis membagi 12 ide kreasi menjadi kategori-kategori yang berbeda, dari mulai kategori mudah, sedang, dan kompleks. Tapi hal itu bisa berbeda tingkat kerumitannya pada orang yang mengerjakannya.

Semoga artikel ini bisa menambahkan ilmu dan ide kreasi, untuk kamu para pecinta seni.

Comments

  1. waw kreatif banget sih, yang awan perlu ditiru tuh soalnya bentuknya lucu, kalo banyak jadi bikin adem kamar, nyontek ah

Leave a Comment